RSS

Burung ptarmigan – Adaptasi Evolusioner

16 Sep

(Gambar Burung ptarmigan)

Lucuuunya ….

Kehidupan terus berkembang sebagai hasil dari interaksi antara organisme dan lingkungannya. Salah satu konsekuensi dari evolusi adalah adapatasi organisme terhadap lingkungannya, seperti burung ptarmigan ini.

Ptarmigan (burung belibis) atau dikenal dengan ptarmigan gunung di Amerika Utara ada tiga jenis  dan semuanya dapat ditemukan di Alaska, diantaranya yaitu : Ptarmigan willow, Ptarmigan batu (yang juga ditemukan di Skandinavia, Rusia, dan Eurasia Utara), dan Ptarmigan ekor putih (yang hanya ditemukan di Amerika Utara)

Ptarmigan adalah burung populer yang berubah warna dari coklat menjadi putih dengan pengecualian warna ekornya yang tetap seperti aslinya coklat atau hitam. Burung ini merupakan salah satu hewan yang bisa berubah warna sesuai dengan musim. Terlihat pada gambar diatas, bulu-bulu burung ptarmigan yang berwarna putih di musim salju. Hal ini membuat burung ini hampir-hampir tidak dapat dibedakan dari lingkungan sekelilingnya.

Bagaimana perilakunya ?

Burung-burung ini lebih suka berada di ketinggian dan area yang tandus dan sering bertengger di batu-batu atau diam saja di salju (bersembunyi), daripada di pepohonan dimana mereka justru mudah terlihat di musim dingin.

Kumpulan Gambar :


“Ptarmigan  menjadi sangat sulit terlihat di musim dingin dengan latar belakang salju. Bahkan kakinya yang tertutup bulu.”

“Gambar Ptarmigan willow (Lagopus lagopus), burung ini ditetapkan sebagai burung resmi negara Alaska pada tahun 1955 di musim panas. Di musim panas mereka lebih menyukai memakan  sayuran dan kadang-kadang ulat atau kumbang. “

“Gambar Ptarmigan willow (Lagopus lagopus), terjadi perubahan warna dari coklat muda di musim panas menjadi  putih di musim dingin untuk kamuflase efektif dari predator. Selain itu bagian lain yang khas adalah jari-jari kaki yang berbulu. Dalam bulan musim dingin Ptarmigan willow lebih menyukai  memakan lumut, kuncup dan ranting willow, pohon birch ; biji dan buah bila tersedia.”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16/09/2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: