RSS

Etika makan ^ – ^

22 Nov

Berikut ini beberapa etika Islam yang harus selalu diperhatikan saat makan dan minum: (wah, subhanallah…etika makan saja diatur oleh islam…lia like this )

1. Membaca Basmallah sebelum makan, sambil mensyukuri rezeki dari Allah, dan meyakini bahwa makanan ini bukan tujuan akhir, tapi hanya sebagai sarana untuk berbuat taat pada Allah, memakmurkan bumi dan menaburinya dengan kebaikan dan perbaikan.

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Nabi bersabda: ” Barangsiapa tertidur sedang di kedua tangannya terdapat bekas lemak, lalu ketika bangun pagi dia sudah menderita suatu penyakit, maka hendaklah dia tidak mencela kecuali dirinya sendiri”

3. Islam memerintahkan untuk bersikap sederhana dan seimbang dalam mengkonsumsi makanan, sekaligus menjauhi sikap berlebih2an dan rakus.

4. Islam menganjurkan untuk makan dengan tiga jari, ini berarti bersikap pertengahan dan seimbang. Dan makan dengan tangan kanan.

5. Rasulullah melarang seseorang makan sambil bersandar, karena hal itu akan membahayakan kesehatan dan mengganggu pencernaan di lambung.

6. Minum dengan tiga kali tegukan. Minum ini dilakukan sambil duduk dan tidak bernafas dalam gelas.

7. Makan bersama2 dan tidak sendiri2. Hal itu menyebarkan sekaligus menciptakan suasana penuh kasih sayang dan rasa saling mencintai.

8. Tidak menyisakan makanan di piring, bahkan kita dianjurkan untuk menjilati sisa makanan yang ada di jari2 tangan. dan jika ada makanan jatuh hendaknya dipungut dibersihkan dan dimakan kembali.

9. Setelah makan, bacalah Hamdallah dan doa sesudah makan.

10. Dianjurkan juga makan sambil berbincang dan tidak diam. Hal itu dimaksudkan untuk menciptakan suasana relaks dan menyenangkan saat makan.

9. Menghormati budaya dan tradisi makan yang ada di tempat kita makan. dan tidak boleh menghina atau membenci satu jenis makanan tertentu, walaupun makanan itu diluar kebiasaan

10. Bersikap lembut ketika mengurus orang sakit serta tidak memaksanya untuk makan makanan tertentu

11. menjaga perasaan orang lain saat makan, diantaranya tidak membelakanginya.

12. Mendahulukan makan buah2an sebelum makan daging, sebagai upaya untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh para penghuni surga: “Dan buah2an dari apa yang mereka pilih dan daging burung dari apa yang mereka inginkan: (Q.S al-Waqi’ah:20-21)

Subhanallah !! Penelitian membuktikan bahwa makan buah terlebih dulu memancing lambung untuk segera mengeluarkan getah lambung yang akan sangat membantu dalam proses pencernaan.

Puasa juga sebagai detoks.. Kesehatan itu bermula dari perut.. Kesehatan China juga bilang begitu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22/11/2009 in muslimah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: