RSS

Barang Vs Jasa Vs Kombinasi Keduanya!

16 Sep

Barang, jasa, dan kombinasi keduanya memiliki karakteristik masing-masing. Barang merupakan produk yang kasat mata (tangible product). Karakteristik lain dari barang adalah dapat disimpan, interaksi antara produsen dengan konsumen rendah, dan produksinya seringkali terpisah dari konsumsi. Contoh produk barang misalnya adalah mobil, setrika, kompor, makanan cepat saji, sepatu, alat makan, selimut, komputer, telepon genggam, dan tas.
Jasa merupakan produk yang tidak terlihat (intangible product). Jasa diproduksi dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan. Interaksi yang terjadi antara produsen dengan konsumen relatif tinggi. Contoh produk jasa misalnya jasa menjahitkan pakaian, psikiater, jasa pengiriman barang, pegadaian, hotel, jasa pengacara, taxi, tukang cukur, bengkel, dan profesi guru.
Kombinasi antara barang dan jasa merupakan produk yang dikemas sehingga produk tersebut memiliki unsur-unsur yang dimiliki oleh barang maupun jasa. Misalnya adalah layanan pesan antar Mc Donald, Pizza, dan KFC. Selain menjual produk berupa barang, mereka juga menyediakan jasa pengiriman. Contoh lainnya adalah salon. Pelayanan berupa potong rambut atau creambat diiringi dengan penyediaan produk barang seperti syampo dan alat-alat kecantikan lainnya. Katering juga menyediakan produk berupa makanan jadi dengan pelayanan terhadap para tamu undangan. Toko-toko optik menyediakan jasa pemeriksaan mata sekaligus pemesanan kaca mata. Toko bunga yang menyediakan pemesanan bunga sekaligus pengiriman ke tempat tujuan. Contoh lainnya adalah pemesanan parsel. Perusahaan parsel menyediakan produk berupa barang dan jasa untuk mendesain parsel sesusai dengan selera. Seorang desainer juga menyediakan jasa untuk mendesain pakaian sekaligus pembuatan produk menjadi barang jadi. Tempat reparasi alat elektronik menyediakan jasa perbaiakan dan juga barang-barang onderdil yang berkaitan dengan proses perbaikan.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 16/09/2009 in Uncategorized

 

One response to “Barang Vs Jasa Vs Kombinasi Keduanya!

  1. dina

    29/08/2014 at 11:47

    mksih baguz tu

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: